FILSAFAT DAN ACCOUNT EXECUTIVE (SALES)

quote-Henry-Drummond-happiness-consists-in-giving-and-in-serving-58017

Jika kita ditanya, ‘apakah ada hubungan antara Filsafat dan Sales?’ Saya yakin banyak diantara kita (Meskipun tidak semua) akan menjawab bahwa Filsafat dan sales tidak ada hubungan sama sekali. Jaraknya sama seperti langit dan bumi atau barat – timur. Namun, apakah benar demikian?

Oke, dalam pekerjaan saya sebagai Recruiter, saya bertanggung jawab untuk merekrut Account Executive (AE) atau Salesperson dan hal ini yang mendorong saya untuk membuat tulisan atau opini ini.

Tentunya pekerjaan seorang Account Executive adalah menjual Product knowledge  dari perusahaan kepada klien atau bahasa awamnya mempengaruhi klien agar bisa membeli apa yang dijual.

Lalu, apa hubungan pekerjaan seorang AE dengan filsafat?

Hubungan Filsafat dan Sales

Filsafat kadang disebut sebagai Mater of Scientiarum atau Ibu Dari segala Ilmu Pengetahuan, beranjak dari sebutan ini saya kemudian menyimpulkan bahwa Filsafat harusnya juga menjadi ilmu dari sales dan marketing.

Selain itu Filsafat saya definisikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang hikmat dan hikmat yang dipelajari adalah melayani kebutuhan  orang lain.

Jika anda bertemu seorang AE dan bertanya apa sebenarnya yang mereka lakukan, maka (kebanyakan) mereka akan menjawab, “kami menjual ini dan itu kepada klien.”

Benar bahwa itu adalah pekerjaan mereka, lalu apa yang dipermasalahkan?

Saya pikir jawaban ini masih sangat sederhana (kalau tidak bisa dikatakan kurang) karena sebenarnya pekerjaan seorang AE atau Sales lebih daripada menjual ‘ini’ dan ‘itu’. Seorang AE harus berfilsafat.

Seorang AE harus mempelajari hikmat dari pekerjaannya yaitu melayani kebutuhan orang lain, dalam hal ini kebutuhan klien.

Bukankah akan lebih baik jika seorang AE/Salesperson punya perspektif bahwa pekerjaanya adalah membantu klien untuk mengetahui apa kebutuhan klien  dan membuat klien mengambil keputusan untuk membeli jasa atau produk yang dijual.

Dan sebagai penutup, filsafat tidak saja berhubungan dengan pekerjaan seorang Account Executive tapi filsafat berhubungan dengan pekerjaan kita semua entah sebagai HRD, Accounting, Pendeta, Ustad, Reporter, ataupun seorang OB.

Selamat berfilsafat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s