Nominasi film terbaik Oscar 2013 dan Psikologi positif

Downloads

Beberapa film yang masuk dalam nominasi academy awards 2013 berkaitan erat dengan psikologi positif. Apa itu psikologi positif? Secara sederhana psikologi positif merupakan cabang dari psikologi yang mempelajari mengenai kekuatan (streghts) serta emosi-emosi positif yang ada dalam diri manusia. Lincoln, Les Miserables, Argo, dan Life of Pi, menunjukan sekaligus mengajarkan mengenai kekuatan serta emosi-emosi positif tersebut. Film Lincoln yang disutradarai oleh Steven Spielberg mengajarkan mengenai empati, dan keberanian. Argo mengajarkan keberanian dalam mengambil resiko, Les Misérables menggambarkan dengan jelas mengenai cinta, pengampunan dan Life of Pi secara eksplisit menceritakan tentang resiliensi, makna hidup dan spiritualitas.

Lincoln (empati dan keberanian)

Empati merupakan kepekaan yang mendalam terhadap apa yang sedang dirasakan orang lain, sikap ini yang mendorong Lincoln (Daniel Day-Lewis), presiden amerika berusaha untuk meloloskan amandemen 13 di parlemen. Rasa empati Lincoln terhadap masyarakat kulit hitam yang dijadikan sebagai budak membuatnya berani untuk menanggung resiko, inilah sikap positif yang ditunjukan Lincoln sebagai seorang leader. Sikap positif ini membuatnya melakukan kebaikan buat orang lain dan buat kemanusian.

Argo (keberanian)

Film yang dibintangi dan disutradarai oleh Ben Affleck menceritakan tentang seorang agen CIA yang melakukan penyamaran untuk menyelamatkan enam warga negara Amerika yang terjebak di Iran. Keberanian yang ditunjukan oleh Tony Mendez (Ben Affleck) dalam film ini merupakan suatu kualitas positif dalam diri seseorang yang berani mengambil resiko. Keberanian ini juga sangat berkaitan dengan sikap altruis kepada orang lain.

Les Misérables (cinta dan pengampunan)

Cinta merupakan emosi positif yang ada dalam diri manusia dan juga merupakan faktor yang bisa mempengaruhi kualitas hidup manusia. Cinta seringkali diartikan dengan suatu pengalaman romantis namun sebenarnya cinta adalah sesuatu yang lebih daripada hanya sekedar pengalaman romantis. Mencintai berarti merupakan sikap untuk menerima seseorang apa adanya dan berkomitmen membangun hubungan dalam suka maupun duka, sikap inilah yang ditunjukan oleh Valjean (Hugh Jackman)  kepada Fantine (Anne Hathaway) dan anaknya Cosette (Amanda Seyfried).

Cinta juga erat kaitannya dengan sikap mengampuni, pengampunan (forgiveness) merupakan keinginan atau kemampuan memutuskan untuk tidak sakit hati, tidak melakukan penghakiman yang negatif, dan melakukan hal yang baik kepada orang yang menyakiti kita (Enright, Freedman & Rique, 1998). Kemampuan untuk mengampuni sesuatu atau seseorang yang menyakiti kita akan membawa kita pada kebahagiaan dan memperbaiki kehidupan sosial. Dalam Les Misérables, sikap untuk mengampuni ditunjukan oleh Jean Valjean (Hugh Jackman) kepada Inspektur Javert (Russel Crowe) yang berusaha untuk membunuhnya.

Life of Pi (resiliensi, makna hidup dan spiritualitas)

Dalam life of Pi kita bisa melihat bagaimana resiliensi (kemampuan beradaptasi dalam situasi yang sulit) digambarkan dengan baik oleh Pi (Suraj Sharma), disamping itu film tersebut juga mengajarkan mengenai spiritualitas. Spiritualitas sendiri mengacu pada kecenderungan manusia untuk mencari makna hidup melalui self-transendence atau kebutuhan manusia untuk bisa berelasi dengan sesuatu yang ‘lebih besar’ dari dirinya.

Pi berhasil bertahan dalam masa-masa sulit yang harus dia lalui seorang diri di tengah lautan. Pi harus bertahan hidup di perahu bersama dengan seekor harimau, namun sikap optimis mengenai kehidupan serta dialog pribadi dengan Sang Pencipta membawanya menemukan makna hidup. Penemuan makna hidup ini kemudian membuat Pi bahagia.

Penutup

Kita bisa melihat bahwa dalam beberapa film yang masuk nominasi film terbaik Oscar 2013 mengandung hal-hal positif yang bisa kita pelajari. Selain karena peran dari artis dan sutradaranya, elemen penting dari film-film tersebut bisa melihat bahwa dalam diri manusia ada kekuatan, potensi dan hal-hal positif yang dapat dikembangkan sehingga dapat membawa manusia dalam mencapai kebahagiaan, dan pada tataran ini maka film-film tersebut berkaitan dengan psikologi (science), khususnya psikologi positif, untuk itu keberadaan film bukan saja dimaknai sebagai suatu hiburan tapi sebagi suatu sarana keilmuan. Film sebagai suatu sarana keilmuan hendaknya dipertimbangkan untuk ada dalam bahan ajar pada kelas-kelas di sekolah dan di universitas, hal ini dapat dilihat sebagai suatu terobosan kreatif dalam merangsang kemajuan pendidikan. Itu pemikiran saya sebagai seorang penikmat film, bagaimana dengan anda?

Good movie, Good brain, Good heart, Good behaviour and Good life.

Referensi:

Enright, R.D., Freedman, S., & Rique, J. (1998). The psychology of interpersonal forgiveness. Dalam R. D. Enright & J. North (Eds.), Exploring forgiveness (hal. 46-62). Madison, WI: University of Wisconsin Press.

Compton, W.C. (2005). An introduction to positive psychology. Belmont, CA: Thomson Wadsworth.

O’Grady, P. (2013). The positive psychology of the movies. Diakses pada tanggal 26 Februari, 2013, dari http://www.psychologytoday.com/collections/201302/and-the-oscar-goes/the-positive-psychology-the-movies

3 thoughts on “Nominasi film terbaik Oscar 2013 dan Psikologi positif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s