Review Workshop Anak Berkebutuhan Khusus

          Pada tanggal 21 Juli 2011, saya mewakili Lembaga Psikologi THEra mengikuti Workshop Terapi Okupasi. Workshop yang dilaksanakan di Semarang tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengertian kepada orang tua mengenai penanganan anak dengan kebutuhan khusus.  Semakin banyaknya populasi anak-anak berkebutuhan khusus di Indonesia, mendorong  Bapak Tri Budi Santoso, BSC.OT, M.OT untuk melaksanakan workshop ini.

            Bapak Tri Budi Santoso, BSc.OT, M.OT yang juga berperan sebagai fasilitator mengatakan bahwa peran  orang tua sangat penting dalam mendidik anak-anak  berkebutuhan khusus. Orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus harus menjadi cerdas dan mau belajar serta memiliki kesabaran yang tinggi. Workshop yang diikuti sekitar 50 peserta yang sebagian besar merupakan orang tua dari anak-anak berkebutuhan khusus sangatlah menarik. Fasilitator tidak saja menjelaskan penanganan anak-anak berkebutuhan khusus secara teoritis tapi juga mempraktekkan kegiatan-kegiatan yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk mengajari anak-anak berkebutuhan khusus.

            Hal lain yang disampaikan dalam workshop ini adalah bagaimana orang tua dengan anak-anak berkebutuhan khusus harus memiliki sikap yang kritis dan cerdas serta tidak ‘instan’ dalam menangani anak apalagi anak dengan kebutuhan khusus. Oleh karena itu, orang tua dengan anak berkebutuhan khusus harus selalu melihat second opinion dari para ahli mengenai diagnosa terhadap anaknya.

            Di akhir workshop, ada situasi menarik yang saya temukan, yaitu berkumpulnya orang tua yang memiliki anak-anak berkebutuhan khusus dan mereka saling share satu dengan yang lain mengenai kondisi anak mereka masing-masing. Orang tua yang sebagian besar terdiri dari ibu-ibu ini terlihat sangat emosional ketika menceritakan kondisi anak mereka dan saling memberikan dukungan satu dengan yang lain. Suasana seperti ini kemudian membuat saya mengambil kesimpulan bahwa  kasih, perhatian, dan penerimaan dari orang tua terhadap anak-anaknya dapat membawa perubahan dan cara pandang yang berbeda mengenai anak-anak berkebutuhan khusus.

Tulisan ini juga dimuat di Blog THEra Center For Psychological Service

9 thoughts on “Review Workshop Anak Berkebutuhan Khusus

  1. Aku setuju, Kak, dengan semua yang ada di posting-an itu. Beberapa hari lalu, aku ngobrol sama guruku dan kita berdua berkonklusi kalau special needs teacher (guru anak-anak berkebutuhan khusus) itu adalah profesi yang akan selalu butuh tenaga baru. Masalahnya, being a special needs teacher takes a specific calling and grace. Anywho, it’s cool that UKSW mengadakan workshop ini supaya makin banyak yang tahu dan hopefully tertarik untuk terjun ke bidang ini.

    1. thx adik…”being a special needs teacher takes a specific calling and grace.” suka sekali dengan kata2 itu…:) dan sepakat…memang untuk menjadi seorg guru anak-anak berkebutuhan khusus membutuhkan panggilan serta skill…oia yg mengadakan workshop ini bukan UKSW tapi salah satu biro terapi okupasi di Solo..:)

  2. di yogya ada klinik terapi anak yang secara berkala mengadakan parent support seputar masalah anak berkebutuhan khusus serta penanganannya namanya rumah sahabat. lokasinya berdekatan dengan univ cokro aminoto. barangkali ada yang berminat bisa menghubungi no kliniknya 02748267882 karena kebetulan ada anak teman terapi wicara disana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s